tekhnologi pendidikan

3 Nov

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Latar Belakang Masalah
Masyarakat Indonesia sekarang ini dan dimasa mendatang merupakan masyarakat yang berbudaya dan bertekhnologi, yaitu bahwa perkembangan teknologi telah berlangsung sedemikian rupa sehingga tersebar luas dan memengaruhi segenap bidang kehidupan.

Tekhnologi sebagai,struktur, proses, dan artefak merupakan,ciriimperative perkembangan masyarakat masa depan.

Mengingat bahwa teknologi itu berkembang dan merupakan bagian integral dalam segala bidang kehidupan, maka teknologi dalam bidang pendidikan harus pula dapat dikembangkan,dikendalikan, dan didayagunakan untuk dapat membantu terwujudnya amanat UUD 1945 mencerdaskan kehidupan bangsa.

Indonesia merupakan satu-satunya Negara yang unik kondisi geografinya dimana untukmenjalinpersatuan dan kesatuan bangsa peranan teknologi komunikasi mempunyai arti yang sangat strategis. Angkasa dengan gelombang elektromagnetik merupakan salah satu kekayaan alam, karena itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Bab XIV Pasa 33 ayat (3) kekayaan alam itu dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Jumlah penduduk yang senantiasa bertambah, meskipun dengan angka pertumbuhan yang kian berkurang, mengisyaratkan bahwa makin bertambahnya orang yang memerlukan pendidikan. Ditambah lagi dengan adanya perubahan yang senantiasa berlangsung, yang menghendaki didik ulang atau pendidikan terus-menerus bagi semua orang.

Teknologi pendidikan

adalah suatu cara sistematik tentang belajar dan mengajar dimana dalam kerangka-kerangka tujuan khusus, berdasarkan penelitian dalam belajar dan komunikasi dan mendayagunakan sumber-sumber manusiawi dan non manusiawi menuju pengajaran yang lebih efektif.

Association For Educational Communications and Technology (AECT-1972)

Menyebutkan bahwa , Teknologi pendidikan
adalah suatu bidang / disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
Atau dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmuyang memfokuskan diri dalam upaya memfasilitasi belajar pada manusia. Jadi obyek formal teknologi pendidikan menurut pengertian ini adalah bagaimana memfasilitasi belajar , Melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar.

Association For Educational Communications and Technology (AECT-1977);

Menyebutkan bahwa,
Tekhnologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam aspek belajar manusia

Menurut pengertian ini bahwa
formal teknologi pendidikan
adalah memecahkan masalah belajar manusia yang dilakukan dengan cara menganalisis masalah terlebih dahulu, baru kemudianmelaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah tersebut

Teknologi pembelajaran
merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan system untuk melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dankinerja manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: